Mengatur Keuangan Menggunakan Amplop

Tips ini sebenarnya sudah sangat lama diketahui oleh banyak orang. Tidak jarang sebagian dari mereka merupakan orang yang sudah sukese di masyarakat. Hal itu bisa terjadi karena mereka berhasil mengatur keuangan dengan semestinya diatur.

Mengatur keuangan menggunakan amplop adalah salah satu cara, dan salah satu cara tersebut memiliki beberapa tahapan di dalamnya.

Untuk sahabat berinvest.net yang sedang mencari tahu bagaimana sih kita bisa memenuhi kebutuhan kita sehari-hari dengan gaji yang kita miliki sekarang. Atau bahkan kita bisa menabung walaupun sedikit, menabung pasti akan ada manfaatnya suatu hari nanti.

Cara Membagi Penghasilan Kedalam Amplop

Untuk sahabat berinvest yang belum bekerja, bisa menggantinya dengan misalnya uang jajan, atau uang hasil bisnis kecil-kecilan.

Ada 4 kategori yang harus dibuat untuk memisah sumber pendapatan:

  • Kebutuhan pokok
  • Keinginan
  • Biaya lain-lain
  • Tabungan

Nah, seperti apa yang dilistng diatas pertama kita akan mulai bahas dari Kebutuhan pokok

Kebutuhan Pokok

Kebutuhan pokok adalah kebutuhan yan gisfatnya wajib, eleh karena itu amplop kebutuhan pokok ini haruslah diutamahan.

Jika perlu, taruhlah uang nominal lebih dari seharusnya, karena dalam kebutuhan pokok pasti ada biaya makan, yang seperti kita ketahui biaya makan itu tidak terduga terlebih jika kita amsih membelinya diuar rumah.

Keinginan

Meski di Nomor duakan bukan berarati keinginan tidak boleh dipenuhi. Seperti hobi dan sejenisnya kebutuhan bisa memicu semangat juga lho.

Biaya Lain-Lain

Jangan sampai dengan kejadian-kejadian tak terduga membuat Anda menggunakan isi amplop kebutuhan pokok.

Hal tersebut bisa dilakukan hanya jika dalam keadasan sangat terpaksa.

Tabungan

Sisanya sudah pasti masuk ke amplop tabungan. Amplop tabungan lebih mungkin untuk digunakan daripada harus menggunakan amplop2 lain yang sudah memiliki kanalnya.

Nah itulah sekilas bagaimana cara mengatur keuangan menggunakan amplop, mudah bukan, keuanganpun lebih terkontrol dengan adanya kanal kanal di tiap amplop.

6.147 comments